Ketika sedang menggunakan aplikasi Microsoft Office Excel tidak menutup kemungkinan kita bekerja dengan beberapa sheet pada aplikasi tersbut karena mungkin banyaknya sheet yang kita butuhkan dalam pengerjaan pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Namun terkadang terlalu banyak sheet yang tampil pada tab sheet di microsoft office excel ini membuat kerepotan dalam mencari sheet yang kita inginkan apabila sheet tersebut tidak kita rename atau di beri warna atau mungkin di hide terlebih dahulu, dengan melakukan 3 hal tersebut dimungkinkan kita akan mempermudah kita dalam mencari atau mengenali sheet yang akan kita edit atau kelola.
Mengelola sheet pada excel tentunya sangat diperlukan untuk mempermudah dalam pengerjaan sebuah pekerjaan yang sedang kita kerjakan. dengan merename, memberi warna, biasanya akan lebih memudahkan dalam pengelompokan sebuah sheet apabila kita bekerja mungkin saja dengan belasan atau mungkin puluhan sheet sekaligus dalam sebuah file excel.
Menghapus atau menambahkan sheet menjadi hal yang mungkin saja sangat biasa dilakukan dalam pengelolaan sebuah file excel ketika kita bekerja pada aplikai ini atau tidak mutup kemungkinan kita memerlukan untuk menyembunyikan sebuah sheet master ketika kita membuat sebuah aplikasi 😊
Lalu bagaimana Cara melakukan hal-hal tersebut di atas ?
Me-rename Sheet
Merename atau mengganti nama Sheet pada aplikasi Microsoft Office excel terkadang diperlukan utuk mengingat atau memberi inisial pada sebuah sheet sehingga dapat memudahkan kita dalam mencari dan menentukan sebuah seet di file excel.
Cara untuk menguban nama atau me-rename sebuah sheet pada aplikasi microsft office excel bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini:
Cara Pertama
1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel
2. Klik kanan pada tab sheet yang terdiri dari tiga sheet (di bagian bawah) Pilih sheet yang akan kita rename baik itu sheet1, sheet2 atau sheet3
3. Selanjutnya kita klik Rename atau bisa juga langsung tekan huruf R selanjutnya akan tampak seperti pada gambar:
4. Setelah tulisan sheet1 terseleksi atau terblok, maka kita tinggal langsung menuliskan nama sheet yang kita inginkan kemudian tekan Enter, setelah itu tulisan sheet1 akan tergantikan dengan teks yang telah kita ketik seperti nampak pada gambar:
Cara Kedua
1. Double klik pada sheet yang akan ubah namanya (sepeti pada tahap 3 di atas)
2. Selanjutkan ketikkan nama sheet yang kita inginkan
3. Tekan Enter.
Dengan demikian nama sheet telah berubah sesuai dengan yang kita inginkan.
Memberi Warna pada Tab Sheet
Memberi warna pada tab sheet ini tentunya sangat diperlukan ketika kita sedang bekerja dengan banyak sheet dan untuk mengkategorikan sheet-sheet mana saja yang memungkinkan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, misalkan ketika kita sedang membuat aplikasi dengan menggunakan excel dan menggunakan banyak sekali sheet, pemberian warna selain dapat mempercantik tampilan dirasa sangat bisa menunjang atau membantu dalam pengelompokkan sebuah kategori.
Cara memberi warna pada tab sheet
1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel
2. Klik kanan pada salah satu sheet excel
3. Pilih Tab Color atau tekan huru T
4. Selanjutnya kita tinggal pilih warna yang kita inginkan pada tab color, dan hasilnya seperti pada gambar
Dengan demikian warna tab sheet telah berubah warna sesuai dengan yang kita inginkan.
Menambah Sheet Baru
Menambahkan sheet baru pasti diperlukan ketika sheet yang disediakan secara otomatis oleh Microsoft office Excel secara default tiga sheet sedangkan kita akan bekerja dengan jumlah sheet yang agak banyak, menambahkan sheet baru tentunya hal yang harus dilakukan bila hal tersebut terjadi.
Menambahkan sheet bila dilakukan dengan sangat mudah saja ada dua cara yang bisa dilakukan
Cara Pertama
- Kita bisa mengklik ikon Insert Worksheet yang ada si samping tab sheet. seperti nampak pada gambar
Cara Kedua
- Tekan tombol Shift + F11 secara bersamaan
Dengan dua cara tersebut kita bisa menambahkan sheet baru pada aplikasi microsoft office excel sesuai dengan kita perlukan.
Menghapus Sheet
Seletekah tadi kita menambahkan sheet mungkin saja ada beberapa sheet yang tidak terpakai dan mungkin untuk lebih rapi dan memudahkan pekerjaan kita bisa saja menghapus sheet-sheet yang sudah atau bahkan tidak terpakai dan untuk cara menghapus sheet-sheet yang tidak terpakai, bisa melakukan langkah-langkah berikut.
1. Klik kanan sheet yang akan kita hapus
2. Kemudian pilih klik delete atau tekan huruf D
Dengan demikian kita sudah menghapus sheet yang sudah tidak kita perlukan lagi.
Menyembunyiakan Sheet
No comments:
Post a Comment